Konflik dapat diartikan sebagai suatu proses social antara
dua orang atau lebih, yang dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak
lain dengan cara menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.
Adanya sekelompok
orang di dalam organisasi tersebut pasti
juga terdapat beberapa pemikiran dan pendirian yang berbeda-beda.
Pemikiran dan pendirian yang berbeda itu pada akhirnya akan menghasilkan
perbedaan individu yang dapat memicu timbulnya konflik.
Konflik yang terjadi pada organisasi memberikan manfaat
penting untuk kita agar bisa menjadikan pembelajaran dan bagian pertimbangan
atas banyaknya pemikiran-pemikiran yang berbeda setiap anggota organisasi.
Konflik dalam organisasi sering dilihat sabagai sesuatu yang
negatif. Oleh sebab itu, penanganan yang
dilakukan pun diarahkan kepada
penyelesaian konflik. Sebuah realita bahwa konflik merupakan sesuatu yang sulit
dihindari karena berkaitan erat dengan proses interaksi manusia.
Tidak semua konflik merugikan organisai. Konflik yang ditata
dan dikendalikan dengan baik dapat
berujung pada keuntungan organisasi sebagai suatu kesatuan, sebaiknya apabila
konflik tidak ditangani dapt merugikan
kepentingan organisasi.
Yang terpenting adalah mengembangkan pengetahuan yang cukup
dan sikap yang positif terhadap konflik,
karena peran konflik yang tidak selalu
negatif terhadap organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar