Kamis, 27 November 2014

Konflik Dalam Organisasi (kelompok 2)


Konflik dapat diartikan sebagai suatu proses social antara dua orang atau lebih, yang dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan cara menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.

Adanya sekelompok  orang di dalam organisasi tersebut pasti  juga terdapat beberapa pemikiran dan pendirian yang berbeda-beda. Pemikiran dan pendirian yang berbeda itu pada akhirnya akan menghasilkan perbedaan individu yang dapat memicu timbulnya konflik.

Konflik yang terjadi pada organisasi memberikan manfaat penting untuk kita agar bisa menjadikan pembelajaran dan bagian pertimbangan atas banyaknya pemikiran-pemikiran yang berbeda setiap anggota organisasi.

Konflik dalam organisasi sering dilihat sabagai sesuatu yang negatif. Oleh sebab itu, penanganan  yang dilakukan pun  diarahkan kepada penyelesaian konflik. Sebuah realita bahwa konflik merupakan sesuatu yang sulit dihindari karena berkaitan erat dengan proses interaksi manusia. 

Tidak semua konflik merugikan organisai. Konflik yang ditata dan  dikendalikan dengan baik dapat berujung pada keuntungan organisasi sebagai suatu kesatuan, sebaiknya apabila konflik  tidak ditangani dapt merugikan kepentingan organisasi.

Yang terpenting adalah mengembangkan pengetahuan yang cukup dan sikap yang positif  terhadap konflik, karena peran konflik  yang tidak selalu negatif terhadap organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar